Thursday, May 25, 2017

Pengertian Fungsi Isset() Pada PHP dan Penjelasannya

Belajar PHP - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Apa itu Fungsi Isset() dalam PHP dan Cara Menggunakan Fungsi Isset() Pada PHP. Jika diterjemahkan arti "Isset" adalah "Jika Ada" atau "Jika sudah diatur". Jadi Fungsi isset ini adalah untuk menyatakan bahwa jika sebuah variabel sudah di atur atau jika variabel sudah ada maka akan mengembalikan nilai true, jika variabel belum di set atau variabel belum di set maka akan mengembalikan nilai false.

Pengertian Fungsi Isset() Pada PHP dan Penjelasannya

Fungsi Isset()

Fungsi Isset() ini umum digunakan untuk validasi form, Apakah form itu sudah diisi lewat pengisian form atau belum. Atau untuk membuat suatu script berjalan jika suatu variabel sudah di set, atau membuat script tersebut tidak berjalan jika variabel belum di set.

Contoh Penggunaan Fungsi Isset()

Saya akan memberikan sebuah contoh Penggunaan Fungsi Isset() ini pada PHP. Berikut ini adalah contoh penggunaan Isset pada validasi form PHP dengan simpel.

<?php 
// Buat Menampung Nilai dari Inputan Form
$form = $_POST['form'];
// Cek Apakah Variabel $form sudah ada apa belum
if (isset($form)) {
  // Script Anda Yang akan dijalankan jika variabel sudah di set
}
else {
  // Script Anda Jika Variabel belum di set
}
?>

Itu adalah contoh penggunaan Fungsi Isset() pada validasi form php yang sangat simpel. Pahami dulu Fungsi Isset() ini dan kembangkan melalui kreativitas kalian. Salam Coders :D

1. Berkomentarlah Sesuai Topik
2. Berkomentarlah dengan Sopan
3. Jika ingin bertanya silakan
EmoticonEmoticon