Thursday, April 6, 2017

Operator Increment dan Decrement di PHP

Operator Increment dan Decrement di PHP

Belajar PHP - Kali ini kita akan bahas  Operator Increment dan Decrement dalam PHP. Sebenarnya bukan di PHP saja operator ini "ada". Pada bahasa pemrograman lain Operator ini juga ada tapi mungkin akan sedikit perbedaan pengoperasiannnya. Operasi Increment dan Decrement ini biasa digunakan untuk perulangan (looping). Apa Pengertian Operasi Increment dan Decrement? Silakan simak artikel berikut ini.

Operator Increment


Operator increment digunakan untuk menambah variabel sebanyak 1 angka. Penulisannya menggunakan tanda tambah 2 kali baik diawal maupun diakhir variabel, seperti contoh berikut: $a++ atau ++$a. Operasi $a++ dapat disamakan dengan penulisan singkat dari $a = $a + 1.


Operator Decrement


Operator decrement digunakan untuk mengurangi variabel sebanyak 1 angka. Penulisannya menggunakan tanda kurang 2 kali baik diawal maupun diakhir variabel, seperti contoh berikut: $a-- atau --$a. Operasi $a-- dapat disamakan dengan penulisan singkat dari $a = $a - 1.

Walaupun terlihat sama antara $a++ dan ++$a tapi keduanya ini memiliki perbedaan yang mencolok. $a++ ini bisa disebut dengan post increment sedangkan ++$a disebut dengan pre increment, sama saja dengan $a-- ini adalah post decrement dan --$a adalah pre increment. Berikut ini adalah perbedaan antara post increment, pre increment dan post decrement, pre decrement.

Nama Contoh Hasil
Post Increment $a++ Kirim nilai $a dahulu, lalu nilai $a ditambah dengan 1
Pre Increment ++$a Nilai $a ditambah dengan 1 dahulu, lalu nilai $a dikirim
Post Decrement $a-- Kirim nilai $a dahulu, lalu nilai $a dikurangi 1
Pre Decrement --$a Nilai $a dikurang 1 dahulu, lalu nilai $a di kirim

Berikut ini adalah contoh dari kode PHP perbedaan post dan pre dalam increment dan decrement.

<?php
  $a = 5;
  echo ++$a; // hasil = 6
  echo $a; // hasil = 6
  echo "<br>";

  $b = 5;
  echo $b++; // hasil =  5
  echo $b; // hasil =  6
  echo "<br>";

  $a = 5;
  echo --$a; // hasil =  4
  echo $a; // hasil =  4
  echo "<br>";

  $b = 5;
  echo $b--; // hasil =  5
  echo $b; // hasil =  4
?>

Itulah tadi Pengertian Operator Increment dan Decrement di PHP dan Perbedaannya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan  lupa untuk terus melihat artikel terbaru di blog ini.

1. Berkomentarlah Sesuai Topik
2. Berkomentarlah dengan Sopan
3. Jika ingin bertanya silakan
EmoticonEmoticon