Friday, March 31, 2017

Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri, Contoh Lengkap

Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri, Contoh Lengkap

Teks Eksemplum adalah materi yang ada di kelas 9 atau SMP kelas 3. Pada kali ini kita akan membahas tentang Teks Eksemplum, antara lain Pengertian Teks Eksemplum, Ciri - Ciri, Unsur Kebahasaan, Struktur, dan Contoh dengan lengkap dan jelas. Secara singkat teks eksemplum ini menceritakan kejadian yang dialami oleh sebuah tokoh. Pengertian lebih jelasnya bisa kalian baca dibawah ini.

Dalam membuat Teks Eksemplum kita harus memperhatikan beberapa hal antara lain strukturnya, unsur kebahasaannya dan ciri-cirinya. Jika dalam membuat teks eksemplum tidak memperhatikan hal tersebut maka akan membuat Teks ini menjadi teks yang aneh. Lain halnya jika kalian membuat dengan memperhatikan hal tersebut, akan menjadi jenis teks eksemplum yang bagus. Teks eksemplum ini tidak terbatas pada satu topik saja, tetapi bisa terdapat beberapa topik, antara lain teks eksemplum tentang pendidikan, tentang liburan, kejadian yang tidak diharapkan dan lain-lain.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks Eksemplum adalah teks yang menceritakan perilaku tokoh dalam sebuah cerita. Biasanya diawali dengan perkenalan, lalu dilanjutkan dengan peristiwa yang dialami oleh tokoh, dan akan diakhiri interpretasi.

Ciri Ciri Teks Eksemplum

Ciri - Ciri merupakan hal yang menjadi pembeda dari setiap hal. Maka dari itu Teks Eksemplum juga memiliki ciri-cirinya sendiri yang dapat membedakannya dengan teks lainnya. Antara lain:
  1. Menggunakan Bahasa Yang Naratif
  2. Mempunyai Struktur Yang Lengkap
  3. Adanya urutan cerita atau peristiwa yang jelas
  4. Berisi peristiwa yang tidak diinginkan

Struktur Teks Eksemplum

Sama seperti yang kita bahas pada ciri-ciri teks eksemplum yaitu mempunyai struktur yang lengkap. Berikut ini adalah stuktur teks eksemplum yang lengkap beserta penjelasnnya. Antara lain:
  1. Orientasi
    Orientasi adalah hal yang pertama di bahas dalam teks eksemplum yang baik. Bagian ini menjelaskan atau mengenalkan dari tokoh yang akan diceritakan.
  2. Insiden
    Insiden merupakan bagian yang menceritakan permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam teks eksemplum ini.
  3. Interpretasi
    Interpretasi merupakan bagian yang yang menceritakan pesan moral, akibat dari permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita teks eksemplum.

Unsur Kebahasaaan Teks Eksemplum

Sama halnya dengan Struktur Teks Eksemplum, Unsur Kebasaaan atau Ciri Kebahasaan adalah hal yang wajib diperhatikan saat membuat teks eksemplum. Berikut ini adalah unsur kebahasaan yang baik:
  1. Menggukanan Konjungsi atau Kata Penghubung
  2. Menggunakan Kata Rujukan
  3. Menggunakan Kata Kerja
  4. Menggunakan Kalimat Kompleks

Contoh Teks Eksemplum


Orientasi:
Pada suatu hari disebuah dusun di pelosok Kalimantan Selatan, tinggalah seorang pengusaha yang sukses. Pengusaha itu bernama Pak Lanang. Ia memiliki berhektar-hektar perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan minyak. Disisi lain, Pak Lanang mempunyai tetangga yang kehidupannya tergolong pas-pasan. Tetangganya itu bernama Pak Laki. Ia hanya bekerja sebagai petani yang upahnya hanya cukup untuk makan sehari-hari. Kehidupan kedua orang tersebut sangat bertolak belakang.

Insiden:
Suatu hari Pak Lanang bertemu Pak Laki yang sedang memanen padi. Melihat kesusahan yang dialami Pak Laki, ia pun menatap Pak Laki dengan tatapan meremehkan lalu ia menghina Pak Laki dengan kata-kata yang kasar. “Dasar miskin! Untuk mendapatkan uang saja harus bekerja. Lihatlah aku, tidak bekerja saja aku sudah mendapat uang.” Kata Pak Lanang. Mendengar perkataan Pak Lanang, Pak Laki pun hanya bisa tersenyum pahit. Pak Laki tidak menghiraukan kata-kata Pak Lanang. Ia terus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

Pada saat musim kemarau yang berkepanjangan, dusun dimana Pak Lanang dan Pak Laki tinggal, sedang mengalami kekurangan air. Hampir setiap lahan pertanian dan perkebunan mengalami kekeringan. Para pemiliknya pun rugi besar karena tanaman mereka mati semua. Pak Lanang mulai khawatir dengan keadaan tersebut. Ia takut semua tanamannya mati. Beberapa minggu kemudian, yang ia khawatirkan menjadi kenyataan. Tanamanya mengering dan mati. Aktivitas para pekerja di pabriknya pun tidak berjalan dengan baik karena kekurangan bahan baku pembuatan minyak. Pabriknya pun bangkrut dan akhirnya ia jatuh miskin.

Sebaliknya, kehidupan Pak Laki berangsur-angsur membaik karena pada saat dusunnya kekurangan air yang sangat ia butuhkan untuk mengairi sawahnya, ia berfikir untuk mengganti tanaman di sawahnya menjadi tanman palawija yang tidak membutuhkan banyak air. Dengan kerja kerasnya ia terus merawat tanaman palawijanya. Sampai akhirnya ia mendapat keuntungan yang besar karena hasil panennya melimpah ruah. Setelah beberapa bulan kemudian, ia bisa membeli beberapa petak sawah dari hasil panen tanaman palawijannya. Setiap ia mendapatkan keuntungan dari hasil panennya, ia menabung sebagian hasil yang dia dapatkan. Alhasil, sekarang ia memiliki beberapa hektar sawah. Kehidupannya yang awalnya kekurangan, sekarang menjadi serba berkecukupan karena ia menjadi petani yang sukses. Meskipun begitu, ia tidak pernah menyombongkan kekayaannya dan tetap rendah hati.

Interpretasi:
Melihat kesusahan yang dialami Pak Lanang, Pak Laki tergerak hatinya untuk membantu Pak Lanang dengan memberi bantuan modal usaha kepada Pak Lanang. Pak Lanang merasa malu untuk menerima uang yang diberikan Pak Laki karena dulu ia pernah menghina Pak Laki. Ia menyesal telah besikap sombong, karena dari kesombongannya itu ia kehilangan seluruh harta yang ia miliki. Ia menyadari bahwa roda kehidupan selalu berputar. Ada saat dimana ia berada diatas tetapi ada saat dimana ia berada di bawah. Oleh karena itu,  janganlah bersifat sombong, karena kesombongan tidak mengahasilkan apa-apa selain kesengsaraan.

1. Berkomentarlah Sesuai Topik
2. Berkomentarlah dengan Sopan
3. Jika ingin bertanya silakan
EmoticonEmoticon