Saturday, March 25, 2017

Pengertian Operator dan Operand di PHP dengan Jenis-Jenisnya

Pengertian Operator dan Operand di PHP dengan Jenis-Jenisnya

Pengertian Operator dan Operand di PHP - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas "Pengertian Operator dan Operand dalam Bahasa Pemrograman PHP". Pada artikel sebelumnya kalian sudah mempelajari tipe-tipe data pada PHP. Maka kali ini kita akan melakukan sesuatu pada tipe-tipe data tersebut dengan menggunakan Operator dan Operand dan kita juga akan membahas jenis-jenis operator di dalam PHP.

Pengertian Operator di dalam PHP


Operator adalah sesuatu yang menghasilkan nilai dari satu atau lebih data. Sebagai contoh, tanda tambah ( + ) adalah operator aritmatika yang menghasilkan nilai dari penambahan dua buah angka.

Pengertian Operand di dalam PHP


Operand adalah nilai asal yang digunakan oleh operator. Sebagai contoh, dalam operasi 5+2, angka 5 dan 2 disebut sebagai operand. Operasi tersebut membutuhkan 2 buah operand dan 1 operator.

Jenis - Jenis Operator dalam PHP


Operator di PHP ini juga ada berbagai jenis sama seperti tipe data. Jenis operator ini berdasarkan dari operand. Jika dibagi maka akan ada 3 jenis operator, yaitu operator unary, operator binary, dan operator ternary. Berikut ini adalah pengertian dari ketiga operator tersebut:

1. Operator Unary
Operator unary adalah operator yang hanya memiliki 1 operand, contohnya operator – (tanda minus) dan + (tanda plus). Tanda minus digunakan untuk membuat angka menjadi negatif, contohnya: -5, sedangkan tanda plus digunakan untuk menegaskan nilai positif, seperti: +5

2. Operator Binary
Operator binary adalah operator yang memiliki 2 operand. Operator jenis ini adalah yang paling banyak, misalkan operator ( * ) untuk perkalian seperti 5 * 2, atau operator (/) untuk pembagian, seperti: 10/3.

3. Operator Ternary
Operator ternary adalah operator yang memiliki 3 operand. Di dalam PHP hanya dikenal 1 operator ternary, yaitu operator kondisi (? :).

Jika dilihat berdasarkan operasinya, operator PHP dibagi menjadi 10 operator. Berikut ini adalah operator PHP yang berdasarkan operasinya:

  1. Operator Aritmatika
  2. Operator Increment dan Decrement
  3. Operator Perbandingan
  4. Operator Logika
  5. Operator String
  6. Operator Bitwise
  7. Operator Assignment
  8. Operator Error Control
  9. Operator Type
  10. Operator Array
Pengertian dari 10 Jenis Operator PHP yang dibedakan berdasarkan operasinya akan kita bahas pada artikel berikutnya. Terus kunjungi blog ini ya untuk melihat update dari artikel berikutnya.

Itulah tadi Pengertian Operator dan Operand di PHP beserta dengan Jenis - Jenisnya. Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. Tetap kunjungi www.matablog,info untuk mengetahui tutorial bahasa pemrograman PHP lainnya.

1. Berkomentarlah Sesuai Topik
2. Berkomentarlah dengan Sopan
3. Jika ingin bertanya silakan
EmoticonEmoticon