Wednesday, March 15, 2017

Contoh Perbedaan Pantun dan Puisi

Perbedaan Pantun dan Puisi - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Perbedaan Pantun dan Puisi dan Contohnya supaya kalian mudah memahaminya. Pantun dan Puisi merupakan sebuah karya sastra yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para semua golongan.

Contoh Perbedaan Pantun dan Puisi

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri dari empat baris yang bersanjak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja sedangkan pada baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Sedangkan Pengertian Puisi adalah bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh makna.

Berikut ini adalah Perbedaan Puisi dan Pantun Beserta Contohnya:


Pantun Puisi
Setiap baitnya terdiri atas baris-baris, misalnya pantun dua baris. Tidak terkait oleh baris-baris.
Terdapat jumlah suku kata dalam setiap barisnya, yaitu antara delapan hingga sepuluh. Tidak ada batasan jumlah suku kata.
Terdapat dua bagian yaitu sampiran dan isi Tidak mengenal sampiran, keseluruhan barisnya merupakan isi.
Skema rima atau sajak dalam pantun adalah a-a-b-b. Dalam puisi lama juga dikenal rima dan sajak, tetapi dalam perkembangannya puisi modern lebih menganut asas kebebasan dalam bersajak.

Itulah tadi beberapa Perbedaan dari Pantun dan Puisi. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk melihat artikel lainnya. Semoga bermanfaat.

1. Berkomentarlah Sesuai Topik
2. Berkomentarlah dengan Sopan
3. Jika ingin bertanya silakan
EmoticonEmoticon